Tips Menambah Berat Badan Saat Hamil

tips menambah berat badan saat hamilPertambahan berat badan total sangat bergantung kepada berat badan ibu sebelum hamil. Semakin kurus berat badan ibu, semakin banyak pertambahan berat badan yang harus dicapai. Sebaliknya, semakin gemuk ibu, semakin sedikit pertambahan beratnya. Bila Anda tergolong kurus, total pertambahan berat Anda sampai menjelang persalinan adalah sekitar 12,6 kg hingga 18 kg.

Menambah berat badan kadang-kadang menjadi hal yang sulit. Ibu hamil umumnya malas makan. Kebanyakan wanita yang mempunyai berat badan yang kurang di awal masa kehamilan mereka disarankan untuk menambah berat badan antara 12 hingga 15 kg – jumlah yang sedikit lebih dari standar berat badan yang dianjurkan, yaitu 11 sampai 13 kg.

Jika kekurangan berat badan terjadi di masa kehamilan anda, ada lebih besar kemungkinan untuk anda melahirkan bayi yang premature atau bayi dengan berat badan rendah. Kenyataan ini membuat bayi anda riskan terkena berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penambahan berat badan yang cukup dan kosisten selama masa kehamilan bisa mengurangi dampak buruk tersebut.

Berat badan dalam kehamilan sebenarnya berubah dengan sendirinya seiring dengan usia dan berat janin di dalam kandungan. Namun tak sedikit ibu hamil masih kekurangan berat badan. Untuk mensiasati dan menambah berat badan selama kehamilan hingga mendapatkan berat badan ideal selama kehamilan yang baik bagi ibu dan janin.

Berikut ini tips menambah berat badan bagi ibu dalam masa kehamilan, diantaranya adalah :

• Jaga pola makan yang teratur dan seimbang

Memasuki masa stabil trimester 2 biasanya tidak ada lagi mual dan muntah, ada kecenderungan nafsu makan bertambah secara tiba-tiba. Sehingga diperlukan usaha ekstra untuk mengkontrol diri. Jangan biarkan diri terbiasa memakan camilan terus menerus. Penting untuk memerhatikan pola makan: makan tiga kali sehari secara teratur dengan jumlah sesuai kebutuhan di waktu yang sama setiap harinya, dengan komposisi seimbang dari sumber yang bervariasi. Masukkan unsur makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak serta buah-buahan dan sayur yang mengandung mikromineral vitamin, mineral serta serat. Jangan lupa cukup minum.

• Hindari makan terburu-buru, makan dengan tenang dan dikunyah dengan baik

Pernyataan sejak lama “kunyah makanan 32 kali untuk membantu kerja lambung” adalah tidak salah, bahkan ada fakta lain yang muncul bila Anda makan terburu-buru: gula darah akan meningkat yang berbahaya untuk ibu hamil. Peningkatan terjadi ketika sumber karbohidrat yang Anda konsumsi sudah diserap oleh usus dan masuk ke dalam sirkulasi darah. Kadar gula normal yang akan membuat Anda merasa kenyang.

• Hindari makanan sejak 3 jam sebelum tidur

Makanan yang dikonsumsi beberapa saat sebelum tidur akan diserap dan disimpan di lemak bagian bawah kulit, sehingga menyebabkan kegemukan.

• Kurangi konsumsi gula, lemak dan garam

Penyebab utama berat badan berlebihan selama kehamilan adalah akibat konsumsi kalori berlebihan. Untuk itu aneka makanan yang berlemak atau manis-manis sebaiknya dikurangi. Juga perlu diperhatikan konsumsi garam, karena ini mendorong konsumsi nasi serta penyebab utama pembengkakan.


>>> Cara Alami Untuk Menambah Berat Badan Dan Menaikkan Berat Badan Menjadi Berat Badan Ideal, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Tips Menambah Berat Badan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>